Materi TIK kelas IX Bab 5 ”Mengenai Presentasi Microsof Power Point 2010”


  1. Aplikasi Microsof Power Point pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi Power Point.
  2. Microsof Power Point merupakan program aplikasi yang akan membantu penyusunan sebuah presentasi yang efektif,menarik, professional.
  3. Untuk mengaktifkan Microsof Power Point, langkahnya adalah: Start →All program→Microsof Office →Microsof Power Point 2010
  4. Untuk menyimpan hasil kerja pada microsof Power Point 2010, langkahnya adalah: File→Save atau File→SaveAs
  5.  Untuk menutup aplikasi Microsof PowerPoint 2010, langkahnya adalah: File→Exit
  6. Untuk membuat slide-slide yang akan ditampilkan dalam prestasi buatlah perencanaan ssesuai dengan materi presentasi yang akan disajikan terlebih dahulu.
  7. Untuk memasukan text box,Word Art,Gambar ,Clip Art, atau AutoShapes, gunakan menu insert.
  8. Selain warna biasa dapat pula ditambah efek khusus seperti:gradient, texture, patern, picture untuk background.
  9. Untuk menampilkan presentasi,langkahnya adalah: Slide Show→ View Show.
  10. Tombol aksi adalah sebuah tombol yang dibuat untuk mengerjakan perintah tertentu sesuai dengan hyperlink yang dibuat.
  11. Untuk menampilkan animasi dan efek suara pada slide, langkahnya adalah: Slide Show→ Costum Animation.
  12. Untuk mengatur Trasisi antar slide, langkahnya adalah: Slide Show →Slide Transition.
  13. Design template adalah background yang telah disediakan oleh Microsof Power Point.
  14. Komponen yang ada pada jendela Microsof Power Point: Title bar, Menu bar, Standard menu, Formatting menu, Sllide sorter view, Slide show, Drawing menu.
  15. Cara membuat file baru pada Microsof Power Point adalah: Klik File New Klik icon berganbar kertas kosong pada toolbar standard Tekan Ctrl+N.
  16.  Title bar yang ada pada pada jendela Microsof Power Point merupakan judul dari document yang dikerjakan.
  17.  Menu bar yang ada di tampilan jendela Microsof Power Point merupakan daftar menu, masing-masing terdiri dari beberapa perintah.
  18. Standard menu yang ada pada tampilan jendela Microsof Power Point merupakan ikon dan menu untuk menangani file, menyisipkan objek gambar atau grafik.
  19. Formatting menu yang ada pada tampilan jendela Microsof Power Point merupakan ikon dan menu yang berhubungan dengan pengaturan huruf atau tulisan.
  20. Slide sorter view yang ada pada tampilan jendela Microsof Power Point menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil.
  21. Slide show yang ada pada jendela Microsof Power Point berfungsi menampilkan sebuah slide.
  22. Drawing menu yang ada pada jendela Microsof Power Point ialah ikon dan menu yang terdiri dari item yang berhubungan dengan perbuatan atau pengaturan pada gambar