Materi TIK kelas IX Bab 3 ” Mengenai Akses Internet”



  1. Browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet.
  2.  Browser yang dapat digunakan untuk mengakses di Internet, diantaranya adalah dengan internet Explorer,Mozila Firefox,Opera,Google Chrome, dan Netscapen Navigator.
  3. Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem oprasi window yang banyak digunakan oleh para pengakses internet.
  4. Kelebihan internet Explorer adalah tidak memerlukan memori computer yang terlalu besar, sudah terinstal secara  otomatis daam system operasi Widows, dan sudah terintegrasi dengan Microcof Outlook ataupun Outlook Explorer sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.
  5. Mozila Firefox adalah penjelajah web antar platform gratis yang dikembangkan oleh yaysan Mozila dan ratusan sukarelawan.
  6. Kelebihan dari Mozila firefox adalah ukuran aplikasinya yang relative lebih kecil (sekitarn4,5 mb)mendukung berbagai macam jenis shortcut untuk aksi, memiliki fitur organisasi bookmark, danfiturnya lebih banyak.
  7. Mesin pencari merupakan scirus tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan.
  8.  Alamat Website mesin pencari google adalah http://www.google.com atauhttp://www.google.co.id .
  9. Mesin pencari Yahoo dapat di akses dialamat http://www.yahoo.com atauhttp://www.yahoo.co.id.
  10.  Mesin pencari Excite dapat diakses di alamat http://www.excite.com. Ada beberapa browser yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, diantaranya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, dan Netscape Navigator.
  11. Mailing list adalah group diskusi yang ada di Internet.
  12. Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual.
  13.  Fasilitas FTP (File Transfer Protocol) memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari suatu computer ke computer yang lainnya didalam Internet.
  14.  Fasilitas telnet memungkinkan kita untuk mengakses sebuah computer dalam jaringan Internet. 
  15.  Fasilitas E-mail adalah fassilitas untuk mengirim dan menerima pesan.
  16. Mesin pencari Excite dapat diakses di almat http://www.excite.com.
  17. Scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan.
  18. Salah satu fitur yang dimiliki oleh oleh FinQoo adalah “Quick View” untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama, Alamat situsnya adalahhttp://www.finqoo.com.
  19. Mesin pencari Alltheweb juga dilengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa video, MP3, dan file FTP.
  20.  Alamat mesin pencari Alltheweb adalah http://www.alltheweb.com.